SILABUS KORESPONDENSI
SPEKTRUM KURIKULUM
2013
PROGRAM KEAHLIAN : ADMINISTRASI
PAKET KEAHLIAN
: ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA
PELAJARAN :
KORESPONDENSI
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas /Semester : X
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1.
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Penerapan penggunaan panca indera sebagai
sarana untuk berkarya secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai
agama yang dianut
1.3 Meyakini bahwa bekerja adalah salah satu
bentuk pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Memiliki motivasi internal dan menunjukkan
rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menggunakan otomatiasi
perkantoran
2.2 Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)
dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3 Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
2.4 Memiliki Sikap proaktif dalam melakukan
kegiatan otomatisasi perkantoran
|
|
|
|
|
|
|
Semester
1
3.1 Menjelaskan tentang komunikasi Lisan
4.1.
Menerapkan
keterampilan komunikasi Lisan
|
·
Dasar-dasar
Komunikasi Kantor
o
Pengertian dan
komponen komunikasi
o
Faktor-faktor
komunikasi
o
Proses dan Media
Komunikasi
o
Jenis dan
Prinsip-prinsip Komunikasi
o
Etika dan Kepribadian
o
Konsep Etiket Kantor
·
Peralatan/mesin
Komunikasi
o
Telephone, Telephon
conference; PHBX, Fax;
o
Voice Mail, VOIP PBX,
Skype
o
Mobile Phone, IPhone,
dll
·
Tata Cara Menerima
Panggilan Telephone
o
Keterampilan
mendengar dan memahami informasi yang diterima
o
Spelling Abjad
o
Telepon Manner
o
Mencatat dan
menyampaikan pesan melalui Lembar Pesan Telepon
o
Penggunaan SLI/SLJJ
berkaitan dengan perbedaan waktu
|
Mengamati
Mengamati tentang berbagai
jenis komunikasi yang terjadi di sekolah atau di kantor
Menanya
Memberikan kesempatan
peserta
didik menanyakan hal
yang berkaitan dengan berbagai jenis-jenis komunikasi yang
terjadi di sekolah atau di kantor
Eksperimen/explore
Mencoba
melakukan komunikasi secara lisan antar teman
Asosiasi
Menjelaskan beberapa
jenis komunikasi lisan dengan menggunakan alat komunikasi.
Komunikasi
Mempresentasikan di depan tentang komunikasi lisan
|
Tugas
Membuat resume tentang komunikasi lisan
Observasi
Ceklist lembar pengamatan pada saat peserta
didik melakukan diskusi kelompok
Portofolio
Membuat Laporan tertulis tentang komunikasi
lisan di sekolah atau kantor terdekat secara berkelompok
Tes
Tes
praktik daan tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda tentang komunikasi lisan
|
10 x 5 JP
|
|
|
3.2. Mengidentifikasi
cara membuat komunikasi tulis
4.2 Mempraktikkan cara membuat komunikasi tulis
|
·
Tata laksana Prosedur
Pembuatan Surat/Naskah/dokumen(Tata bahasa/kalimat surat niaga, dinas dan
pribadi, Tata penulisan surat secara jelas, singkat dan tepat dan Penggunaan
Ejaan, tanda baca dan tata bahasa)
·
Lay Out Surat
·
Isi Surat
|
Mengamati
Mengamati tentang berbagai
jenis komunikasi tertulis yang terjadi di sekolah atau di kantor
Menanya
Memberikan
kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengan berbagai
jenis-jenis komunikasi tertulis yang terjadi di sekolah atau di kantor
Eksperimen/explore
Mencoba
melakukan komunikasi secara secara tertulis
Asosiasi
Menjelaskan beberapa
jenis komunikasi tertulis dengan menggunakan alat komunikasi tertulis.
Komunikasi
Mempresentasikan di depan tentang komunikasi tertulis
|
Tugas
Membuat resume tentang komunikasi tertulis
Observasi
Ceklist lembar pengamatan pada saat peserta
didik melakukan diskusi kelompok
Portofolio
Membuat Laporan tertulis tentang komunikasi
tertulis di sekolah atau kantor terdekat secara berkelompok
Tes
Tes
praktik dan tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda tentang komunikasi tertulis
|
10JP X 5
|
|
|
Semester
2
3.3. Menjelaskan cara membuat surat Dinas
4.3 Melakukan cara membuat surat Dinas
|
Surat Dinas
·
Menjelaskan
pengertian dan fungsi surat dinas
·
Sura undangan dinas
·
Surat edaran
·
Surat instruksi
·
Surat perjalanan
dinas
·
Surat dinas lainnya
|
Mengamati
Mengamati cara membuat surat
dinas di sekolah atau kantor terdekat
Menanya
Memberikan
kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengan surat-surat
dinas
Eksperimen/explore
Praktik membuat bermacam-macam surat dinas
sesuai bentuk yang berlaku
Asosiasi
Menjelaskan cara
pengetikan surat dinas diantara teman
Komunikasi
Mempresentasikan tata cara pengetikan surat dinas
|
Tugas
Mencari contoh-contoh surat dinas yang biasa
digunakan di kantor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan kantor dalam membuat surat dinas
Portofolio
Laporan tertulis tentang surat dinas di kantor
atau Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang surat dinas
|
6 X 5 JP
|
|
|
3.4 Menjelaskan cara membuat surat niaga
4.4 Melakukan cara membuat surat niaga
|
Surat Bisnis:
§ Surat perkenlan
§ Surat permintaan penawaran
§ Surat penawaran
§ Surat pesanan
§ Surat pengantar barang
§ Surat pengaduan
§ Surat tuntutan dan penyelesaian
§ Surat gugat
Surat bisnis lainnya
|
Mengamati
Mengamati cara membuat surat
niaga di perusahaan terdekat
Menanya
Memberikan
kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengan surat-surat
niaga
Eksperimen/explore
Praktik membuat bermacam-macam surat niaga
dengan berbagai bentuk yang biasa digunakan
Asosiasi
Menjelaskan cara
pengetikan surat niaga diantara teman
Komunikasi
Mempresentasikan tata cara pengetikan surat niaga
|
Tugas
Mencari contoh-contoh surat niaga yang biasa
digunakan di perusahaan
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan perusahaan
dalam membuat surat niaga
Portofolio
Laporan tertulis tentang suratniaga di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang surat niaga
|
7 X 5
JP
|
|
|
3.5 Menguraikan cara membuat Surat Bahasa Inggris (English
Correspodence)
4.5 Mempraktikkan cara membuat Surat Bahasa Inggris (English
Correspodence)
|
·
Prosedur Pembuatan Surat
dNaskah/dokumen(Tata bahasa/kalimlam bahasa Inggris
·
Lay Out Surat bahasa Inggris
·
Isi Surat bahasa
Inggris
·
Surat dinas bahasa
Ingris
·
Surat niaga bahasa
Inggris
|
Mengamati
Mengamati beberapa prosedur-prosedur dalam manangani
pekerjaan kantor.
Menanya
Memberikan
kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan prosedur operasi
standar
Eksperimen/explore
Menggunakan
simbol-simbol yang digunakan dalam prosedur operasi standar
Asosiasi
Menjelaskan
akibat kesalahan prosedur dalam menangani pekerjaan kantor.
Komunikasi
Mempresentasikan
dampak kesalahan dalam prosedur penanganan pekerjaan kantor
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
dengan prosedur
penanganan pekerjaan kantor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan tertulis tentang SOP di Dunia Kerja
secara berkelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
7 X 5 JP
|
|
Komentar
Posting Komentar